Kamis, 10 Juni 2010

Peraturan dan Kode Etik Reliance Global Marketing


Untuk memberikan rasa aman dan kepastian dalam menjalankan usaha, maka RPC menetapkan peraturan menjalankan usaha, maka Reliance Global Marketing menetapkan Peraturan dan Kode Etik yang mengikat dan wajib diterapkan oleh member Reliance Global Marketing maupun perusahaan.

Sebagai tatanan dan pedoman bagi seluruh member Reliance Global Marketing dalam menjalankan usahanya sebagai mitra Reliance Global Marketing.


Peraturan dan Kode Etik Perusahaan dibuat sebagai tatanan dan pedoman bagi seluruh member Reliance Global Marketing (RPC) dalam menjalankan usahanya sebagai mitra RPC, berisi tentang peraturan dan ketentuan yang bersifat mengikat antara member RPC dengan perusahaan, sehingga para member dapat memahami hak dan kewajibannya terutama dalam bertindak dan menempatkan diri sesuai dengan fungsi dan peranannya.


TUJUAN


1. Menjelaskan hubungan antara perusahaan dengan member Reliance Global Marketing


2. Mengatur standar etika member RPC dalam menjalankan usahanya di Reliance Global Marketing


3. Melindungi dan menjaga kepentingan perusahaan dan para member Reliance Global Marketing


4. Menjelaskan tanggung jawab, hak, kewajiban perusahaan dan member Reliance Global Marketing


5. Mengatur hubungan antar member Reliance Global Marketing


I. ISTILAH DAN PENGERTIAN


1. Perusahaan adalah PT. Reliance Global Marketing (RGM) yang merupakan bagian dari Reliance Finance Holding Ltd (RFHL) yang berpusat di Hongkong sebagai induk perusahaan yang bergerak dibidang industri keuangan dan merupakan sister company dari PT. Asuransi Reliance Indonesia (ARI), didirikan berdasarkan Bada Hukum Republik Indonesia.


2. Member Reliance Global Marketing adalah setiap orang yang bersedua untuk mengikatkan diri dalam keanggotaan Reliance Global Marketing dan sudah tercatat secara sah untuk melakukan kegiatan pemasaran produk yang dipasarkan dengan sistem jaringan/network marketing.


3. Formulir Pendaftaran Member (FPM) adalah lembar yang memuat tentang data member yang wajib diisi sebelum member bergabung sebagai anggota Reliance Global Marketing.


4. Reliance Business Center (RBC) adalah member Reliance Global Marketing yang telah memenuhi syarat untuk menjadi mitra Perusahaan, di dalam pelaksanaanya RBC berperan aktif menyebarluaskan informasi bisnis Reliance Global Marketing serta kegiatan pengembangan jaringan secara isentif.


5. Pin Voucher adalah 16 digit nomor yang dipakai calon member Reliance Global Marketing saat pertama kali log in di www.reliance-rgm.com


6. Nomor Member adalah 9 digit nomor yang dikeluarkan perusahaan apabila seseorang telah resmi terdaftar sebagai member Reliance Global Marketing dan nomor tersebut merupakan identitas seorang member dalam menjalankan bisnisnya di Reliance Global Marketing


7. Voucher Member adalah bukti bahwa calon member Reliance Global Marketing telah membeli produk Reliance Global Marketing. Calon member dianggap sah setelah melakukan proses registrasi berdasarkan nomor member dan nomor pin voucher member yang terdapat dalam voucher tersebut.


8. Kartu Member adalah tanda pengenal member Reliance Global Marketing yang mencantumkan 9 digit nomor member Reliance Global Marketing sehingga dapat dijadikan sebagai bukti identitas bahwa seorang member telah terdaftar secara resmi di Reliance Global Marketing


9. Business Kit adalah panduan bisnis yang didalamnya berisi informasi tentang company profile, produk, business plan, peraturan dan kode etik member Reliance Global Marketing.


10. Periode Keanggotaan adalah jangka waktu keaktifan member yang berlaku 1 (satu) Tahun terhitung sejak menjadi member yang sah di Reliance Global Marketing.


11. Sponsor adalah member Reliance Global Marketing yang mengajak orang lain untuk bergabung sebagai member dan menjalankan bisnis di Reliance Global Marketing.


12. Upline adalah member Reliance Global Marketing yang menjadi atasan dari member Reliance Global Marketing lainnya.


13. Downline adalah member Reliance Global Marketing yang menjadi bawahan dari member Reliance Global Marketing lainnya.


14. Jaringan adalah seluruh member Reliance Global Marketing yang menjalankan bisnis Reliance Global Marketing.


15. Business Plan adalah sistem perhitungan bonus yang menginformasikan keuntungan keuntugan serta jenjang posisi yang akan dicapai oleh member Reliance Global Marketing dalam mengembangkan usahanya.


16. Bonus adalah sejumlah uang yang diberikan perusahaan kepada member Reliance Global Marketing yang telah memenuhi persyaratan, dimana perhitungannya sesuai dengan business plan Reliance Global Marketing.


17. Peringkat/Posisi adlah tingkatan karir seorang member Reliance Global Marketing sesuai dengan ketentuan yang berlaku di business plan Reliance Global Marketing.


18. Top up adalah komitmen pembelanjaan bulanan dari member Reliance Global Marketing untuk membeli atau menjual produk/jasa minimal sebesar Rp. 100.000/bulan. Top up juga merupakan syarat untuk mendapatkan bonus


19. Bonus Penjualan adalah bonus yang diberikan Reliance Global Marketing, karena member Reliance Global Marketing dapat menjual produk atau jasa kepada member baru.


20. Statement Bonus adalah pemberitahuan dan rincian bonus member Reliance Global Marketing.


21 Reward adalah salah satu bentuk promosi yang diadakan Reliance Global Marketing dengan cara memberikan apresiasi kepaada member Reliance Global Marketing sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Reliance Global Marketing.


22. Hak Waris Keanggotaan adalah hak yang dimiliki oleh suami atau istri atau anak yang sah secara hukum atau ahli waris lainnya yang ditunjuk oleh member Reliance Global Marketing.


23. Buy Back Guarantee adalah jaminan yang diberikan Reliance Global Marketing kepada member Reliance Global Marketing yang ingin membatalkan keanggotaanya di Reliance Global Marketing sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di Reliance Global Marketing.


24. Cooling Periode adalah masa dimana para member Reliance Global Marketing diberi hak untuk mengembalikan produk atau jasa karena member tersebut mendapat informasi yang salah/tidak benar dari sponsor (disertai pembuktian), yaitu selama maksimal 7 (tujuh) hari dan member tersebut belum terdaftar atau bergabung di Reliance Global Marketing.


25. Reliance Business Opportunity (RBO) merupakan kegiatan sponsoring yang diprakarsai oleh perusahaan, leader atau pun para member Reliance Global Marketing dengan tujuan menghadirkan para member Reliance Global Marketing dan atau calon member dengan cara melakukan presentasu bisnis Reliance Global Marketing di tempat yang telah ditentukan.


26. New Member Training (NMT) adalah program pembinaan yang diberikan perusahaan dalam bentuk pelatihan yang diberikan kepada member Reliance Global Marketing yang baru bergabung.


II. SYARAT MENJADI MEMBER Reliance Global Marketing


1. Harus disponsori oleh member Reliance Global Marketing yang masih aktif keanggotaanya.


2. Warga Negara Indonesia (WNI), pada saat mendaftar berusia minimal 17 tahun dan maksimal 59 tahun (sesuai ketentuan polis standar Asosiasi Asuransi Indonesia).


3. Mengisi Formulir Pendaftaran Member (FPM) baik secara online atau mengisi dan mendatangani FPM yang telah diketahui/ditandatangani oleh sponsor dan calon member, dengan menyerahkan photocopy KTP atau kartu identitas lain yang masih berlaku.


4. a. Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 100.000 maka Anda akan mendapatkan :


- Business Kit lengkap berisi panduan menjalankan usaha, yaitu company profile reliance, penjelasan business plan, peraturan dan kode etik perusahaan, brosur produk.


b. Memberli polis asuransi kecelakaan diri (personal accident) sebesar Rp, 500.000 untuk mendapatkan perlindungan Asuransi Kecelakaan Diri sekeluarga selama 1 (satu) Tahun.


III. PERATURAN DAN KETENTUAN UMUM MENJADI MEMBER Reliance Global Marketing


1. Permohonan untuk menjadi member Reliance Global Marketing diajukan atas kemauan permohonan sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.


2. Member Reliance Global Marketing harus atas nama perorangan, bukan atas nama perusahaan, bada usaha atau kelompok organisasi.


3. Tidak diperkenankan adanya coretan atau cairan pembersih dan sejenisnya pada Formulir Pendaftaran Member (FPM) untuk mencegah manipulasi data.


4. Sebelum melibatkan diri dalam aktifitas usaha perusahaan, member Reliance Global Marketing harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Reliance Global Marketing. Reliance Global Marketing berhak menerima atau menolak semua permohonan yang diajukan.


5. Seorang yang telah menjadi member Reliance Global Marketing tidak diperbolehkan mendaftar sebagai member Reliance Global Marketing baru sebelum masa keanggotaanya berakhir.


6. Member Reliance Global Marketing tidak diizinkan bertindak atas nama perusahaan dalam segala tindakan dan urusannya dengan pihak lain. Perusahaan dalam segala tindakan dan urusannya dengan pihak lain. Perusahaan tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan yang diakibatkan oleh perilaku/tindakan member Reliance Global Marketing.


7. Member Reliance Global Marketing hanya dapat memberikan pernyataan, deskripsi atau penjelasan baik lisan ataupun tulisan sesuai dengan publikasi remsi yang dikeluarkan Reliance Global Marketing.


8. Member Reliance Global Marketing setuju dan menjamin serta membebaskan perusahaan dari segala kewajiban, tuntutan, gugatan dari pihak manapun termasuk dari member sendiri yang timbul karena kelalaian didalam penyampaian informasi yang tidak sesuai dalam pengisian Formulir Pendaftaran Member serta bertanggung jawab atas semua kerugian dan resiko yang timbul.


9. Status sebagai member Reliance Global Marketing tidak dapat diperjualbelikan atau dialihkan kepada pihak lain, kecuali jika yang bersangkutan sudah tidak mungkin lagi menjalankan aktivitasnya sebagai member Reliance Global Marketing, hal ini harus mendapat persetujuan tertulis dari perusahaan Reliance Global Marketing.


10. Seluruh pembayaran atas transaksi yang dilakukan para member Reliance Global Marketing harus di trasfer langsung ke rekening PT. Reliance Global Marketing.


11. Sistem pemasaran jaringan ini dilakukan sepenuhnya oleh Reliance Global Marketing yang bertanggung jawab penuh atas terlaksananya sistem ini.


12. Semua member Reliance Global Marketing terikat dengan segala ketentuan yang ada dalam Peraturan dan Kode Etik Perusahaan.


IV. MASA BERLAKU SEBAGAI MEMBER Reliance Global Marketing


1. Keanggotaan Reliance Global Marketing berlaku 1 (satu) tahun.


2. Keanggotan Reliance Global Marketing berlaku selama yang bersangkutan masih tercatat sebagai anggota, kecuali ada ketentuan khusus dari perusahaan yang mengakibatkan tidak diperpanjangnya keanggotaan tersebut.


3. Member Reliance Global Marketing yang telah kadaluwarsa masa keanggotaanya dan telah melewati masa tenggang waktu selama 6 bulan dapat mendaftar kembali ke perusahaan dengan sponsor yang lain.


4. Member Reliance Global Marketing yang masa keanggotaanya telah berakhir/kadaluwarsa akan kehilangan segala hak yang diperoleh saat itu dan masa yang akan datang.

V. HAK HAK PERUSAHAAN DAN MEMBER


1. Hak Perusahaan


a. Perusahaan berhak membatalkan/menghentikan secara sepihak apabila seorang member Reliance Global Marketing terbukti memanipulasi data dalam mengisi Formulir Pendaftaran Member ataupun tidak sesuai dengan syarat syarat yang telah ditentukan.


b. Bila selama 6 bulan berturut turut member Reliance Global Marketing tidak melakukan pembelanjaan bulanan atau tidak melakukan sponsoring baru maka perusahaan berhak untuk tidak mengirimkan segala informasi kepada member tersebut.


c. Perusahaan berhak menolak perpanjangan member Reliance Global Marketing yang melanggar Peraturan dan Kode Etik Perusahaan.


d. Perusahaan berhak mencabut hak dan fasilitas member Reliance Global Marketing sebelum berkahirnya masa keanggotaan apabila yang bersangkutan merugikan perusahaan atau melakukan hal hal yang bertentangan dengan Peraturan dan Kode Etik Perusahaan.


2. Hak Member Reliance Global Marketing


a. Member Reliance Global Marketing yang telah resmi terdaftar, berhak untuk mendapatkan kartu anggota sebagai bukti keanggotan yang sah dan mendapatkan business kit sebagai panduan dalam menjalankan bisnis di Reliance Global Marketing.


b, Member Reliance Global Marketing berhak mendapatkan harga yang sama, yaitu sesuai dengan harga yang ditetapkan Reliance Global Marketing.


c. Berhak memperoleh kesempatana untuk mengembangkan jarinan seluas luasnya di seluruh wilayah Indonesia yaitu hak untuk mensponsori dan memasarkan bisnis Reliance Global Marketing sesuai dengan ketentuan pemasaran yang berlaku.


d. Berhak untuk mendapatkan bonus, reward atas prestasi yang dicapai atau dihasilkan serta mendapatkan hak untuk mengikuti program promosi yang diadakan perusahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku


e. Seluruh member Reliance Global Marketing berhak untuk mendapatkan penghargaan dari hasil penjulalan barang atau jasa yang dilakukan member Reliance Global Marketing dan jaringannya sesuai dengan prestasi dan jenjang karir yang telah dicapainya.


f. Berhak untuk mendapatkan pelatihan atau pembinaan yang diadakan perusahaan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para member Reliance Global Marketing agar bertindak dengan benar, jujur dan bertanggung jawab.


VI. KEWAJIBAN PERUSAHAAN DAN MEMBER


1. Kewajiban Perusahaan.


a. Memberikan bonus kepada seluruh member Reliance Global Marketing sesuai dengan prestasi yang dicapai oleh para member Reliance Global Marketing.


b. Perusahaan menjamin pembayaran atas klaim yang diajukan oleh para member Reliance Global Marketing sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh ketentuan ketentuan yang terdapat pada isi polis Asuransi Kecelakaan Diri.


c. Perusahaan berkewajiab memberikan bimbingan, pelatihan dan pengarahan tentang cara menjalankan bisnis di Reliance Global Marketing.


2. Kewajiban Member.


a. Diwajibkan bagi seluruh member Reliance Global Marketing untuk membaca, mengerti dan memahami semua isi yang terkandung di dalam business kit, apabila ada hal yang kurang jelas sebaiknya ditanyakan langsung ke bagian marketing Reliance Global Marketing atau customer sercive perusahaan.


b. member Reliance Global Marketing wajib mengikuti pelatihan New Member Training (NMT) yang diadakan oleh perusahaan sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh perusahaan Reliance Global Marketing.


c. Member Reliance Global Marketing wajib membina ataupun memberikan pelatihan kepada seluruh downline serta jaringannya tanpa harus membeda bedakan satu dengan yang lainnya.


d. Member Reliance Global Marketing wajib memperkenalkan, menjelaskan manfaat dan keunggulan produk dan business paln kepada calaon member Reliance Global Marketing secara jelas, jujur, dan benar.


e. Member Reliance Global Marketing wajib bertanggung jawab terhdap segala akibat yang timbul dalam melakukan aktifitas usahanya yang dilakukan secara menyimpang dari aturan yang ditentukdna oleh perusahaan.


f. Member Reliance Global Marketing wajib mematuhi semua isi yang terkandung didalam Peraturan dan Kode Etik Reliance Global Marketing termasuk perubahan perubahan antara perusahaan dengan para member Reliance Global Marketing.


VII. PENSPONSORAN


1. Member Reliance Global Marketing bebas menetukan kepada siapa dirinya akan disponsori.


2. Member Reliance Global Marketing tidak diperkenankan mempengaruhi atau merebut calon member yang telah memiliki sponsor. Apabila terjadi sengketa perebutan member maka perusahaan berhak menentukan kepada siapa calon member tersebut akan disponsori dengan mengembalikan kepada orang awal yang mensponsori.


3. Seorang member Reliance Global Marketing yang telah resmi terdaftar dan datanya terinput pada sistem komputer perusahaan, maka tidak diizinkan untuk pindah ke jalur sponsor member Reliance Global Marketing lainnya.


4. Perusahaan akan menempatkan member di dalam jaringan sesuai dengan data formulir pendaftaran yang diisi member. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas terjadinya manipulasi data karena kelalaian atau kecurangan yang sengaja dilakukan baik pada saat ini maupun di kemudian hari.


5. Seorang sponsor wajib memberikan bimbingan, pelatihan, dorongan atau motivasi kepada member Reliance Global Marketing yang disponsorinya.


6. Jika terjadi pelanggaran hak hak pensponsoran maka perusahaan dapat menerima laporan dari para member atau sponsor lainnya untuk diambil tindakan berupa sanksi sanksi sesuai dengan ketentuan perusahaan.


VIII. HAK WARIS MEMBER Reliance Global Marketing


1. Member Reliance Global Marketing dapat mewariskan jaringan yang telah dibentuk kepada ahli warisnya yang sah menurut hukum, apabila member tersebut meninggal dunia atau tidak mampu menjalankan/melanjutkan usaha ini.


2. Ahli waris harus sesuai dengan nama yang tercantum dalam Formulir Pendaftaran Member dan memenuhi persyaratan administrasi dan ketentuan sebagai member Reliance Global Marketing.


3. Setiap perubahan ahli waris harus disertai dengan surat pernyataan member Reliance Global Marketing dan harus ditandatangani di atas materai.


4. Posisi/peringkat orang yang menerima warisan sama dengan posisi/peringkat member Reliance Global Marketing yang menghibahkan warisan tersebut.


5. Member Reliance Global Marketing yang meninggal dunai maka kelurga/ahli warisnya akan mendapatkan sumbangan berupa uang kubur sebesar Rp. 2.000.000 dengan syarat dan ketentuan :


a. Telah resmi terdaftar sebagai member Reliance Global Marketing dengan peringkat minimum silver


b. Member Reliance Global Marketing aktif dan selalu melakukan Top Up selama 3 (tiga) kali sejak terdaftar sebagai member Reliance Global Marketing.


c. Sumbangan tersebut akan diberikan secara tunai/trasfer setelah perusahaan mendapatkan berita kematian dari pihak keluarga terhitung paling lambat 7 hari sejak perusahaan menerima data lengkap tentang meninggalnya member Reliance Global Marketing tersebut, dengan melampirkan photocopy surat keterang kematian dan photocop KTP member Reliance Global Marketing yang meninggal dunia.


d. uang kubur Rp. 2.000.000 hanya berlaku bagi member sendiri dan tidak berlaku bagi pasangan serta kedua anaknya.


IXTOP UP DAN PROSEDUR PEMBAYARAN BONUS


1. Perhitungan bonus member Reliance Global Marketing akan dilakukan setiap bulan dan besarnya jumlah bonus yang diterima para member Reliance Global Marketing berdasarkan ketentuan perhitungan business plan perusahaan.


2. Perusahaan akan memproses bonus para member Reliance Global Marketing sesuai hasil penjualan produknya terhitung mulai tanggal 1 (satu) sampai akhir bulan.


3. Hanya transaksi yang sudah lunas yang dapat diproses untuk perhitungan bonus.


4. Untuk mendapatkan bonus, member Reliance Global Marketing wajib melakukan Top Up sebesar Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) per bulan.


5. Batas waktu Top Up adalah setiap akhir bulan (sesuai tanggal kalender). Member Reliance Global Marketing yang tidak melakukan Top Up atau karena suatu hal member tersebut lupa/lalai dalam melakukan kewajiban Top Up maka akan kehilangan haknya untuk mendapatkan bonus pada bulan tersebut.


6. Bonus akan dibayarkan setiap tanggal 15 pada bulan berikutnya. Apabila tanggal 15 bertepatan dengan hari libur maka bonus akan dibayarkan pada hari berikutnya.


7. Perusahaan akan memberlakukan biaya administrasi sebesar Rp. 10.000 kepada member Reliance Global Marketing yang mendapatkan bonus di atas R. 50.000 (setelah dikurangi pajak)


9. Pembayaran bonus akan dilakukan apabila memenuhi syarat sebagai berikut:


a. Memenuhi syarat minimum Rp. 50.000 (setelah dipotong pajak dan biaya administrasi).


b. Bonus member Reliance Global Marketing yang kurang dari Rp. 50.000 akan diakumulasi sampai memenuhi syarat minimum Rp. 50.000 dan akan dilakukan transfer atau dibayarkan pada bulan berikutnya (apabila mendapatkan bonus)


10. Bonus akan dibayarkan dengan cara transfer langsung ke rekening member Reliance Global Marketing melalui BCA atau Bank Mandiri. Segala biaya yang timbul diluar dari Bank tersebut diatas menjadi beban member Reliance Global Marketing dan biaya tersebut akan dipotong langsung dari bonus.


11. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas kesalahan penulisan nomor rekening yang dilakukan oleh para member Reliance Global Marketing. Keterlambatan transfer akibat kelalaian dari Bank diluar tanggung jawab perusahaan.


12. Perusahaan tidak menjamin pembayaran bonus member sesuai tanggal yang telah ditentukan (tanggal 15) apabila member tersebut menggunakan Bank diluar yang sudah ditetapkan.


13. Member Reliance Global Marketing dapat melihat rincian bonus dengan cara membuka situs website perusahaan dan mencetaknya sendiri.


14. Setiap perubahan nomor rekening member Reliance Global Marketing harus diberitahukan kepada pihak perusahaan secara tertulis dengan melampirkan photocopy halaman pertama dari buku tabungan yang mencantumkan nomor rekening.


15. Setiap permasalahan baik itu mengenai perhitungan bonus yang tidak sesuai atau belum diterimanya bonus bulan lalu maka member Reliance Global Marketing harus melaporkan kepada customer service Reliance Global Marketing secara tertulis. Batas waktu lapor untuk perhitungan bonus member Reliance Global Marketing dengan melampirkan bukti bukti.


X. KETENTUAN DAN MEKANISME PENGGUNAAN VOUCHER TOP UP


1. Member Reliance Global Marketing dapat menentukan sendiri cara pembayaran Top Up bulanan, yaitu dengan mencicil setiap bulan untuk beberapa bulan atau membayar langsung untuk 1 (satu) tahun.


2. Member Reliance Global Marketing yang ingin melakukan Top Up dapat membeli voucher Top Up di tempat tempat yang sudah ditentukan Reliance Global Marketing, yaitu : kantor pusat, kantor perwakilan Reliance Global Marketing dan stockiest/RBC


3. Voucher Top Up akan diproses sebagai cicilan pembelian produk/jasa setelah member Reliance Global Marketing melakukan pembayaran baik secara cash/tunai atau melalui transfer ke rekening Reliance Global Marketing.


4. Member Reliance Global Marketing wajib memberitahukan melalui SMS kepada customer service Reliance Global Marketing apabila telah melakukan pembayaran Top Up ke nomor handphone yang telah ditentukan Reliance Global Marketing, yaitu dengan menyebutkan nomor member yang bersangkutan serta nilai pembayaran yang dilakukan.


5. Member Reliance Global Marketing dapat mengakses langsung secara online untuk melakukan Top Up bulanan dengan cara memasukkan kode/nomor pin yang tertera pada vocuher Top Up atau dapat meminta bantuan Customer Service Reliance Global Marketing untuk melakukan Top Up.


6. Apabila member Member Reliance Global Marketing telah melakukan Top Up sebanyak 12x atau 1 (satu) tahun maka member dapat menukarkan voucher tersebyt dengan produk/jasa yang telah ditentukan perusahaan.


7. Perusahaan akan mengirimkan produk ke kantor perwakilan Reliance Global Marketing, RBC atai tempat lain yang telah ditunjuk.


8. Apabila di sebuah daerah belum terdapat kantor perwakilan Reliance Global Marketing atau maka produk akan dikirimkan ke alamat leader setempat dengan biaya dian ongkos kirim menjadi tanggung jawab member Reliance Global Marketing.


XI. BUY BACK GUARANTEE


1. Cooling Periode adalah masa dimana calon member Reliance Global Marketing diberi hak untuk mengembalikan produk atau jasa karena member tersebut mendapat informasi yang salah/tidak benar dari sponsornya (disertai pembuktian), sesuai dengan syarat syarat sebagai berikut:


a. Voucher registrasi yang sudah dibeli tidak melebih batas waktu pembelian selama 7 (tujuh) hari kerja.


b. Voucher registrasi dalam keadaan baik, tidak ada coretan, sampul voucher tersebut masih utuh dan segel perekat belum dibuka.


c. Calon member Reliance Global Marketing sudah membeli voucher registrasi tetapi belum melakukan input (polis belum terbit)


d. Pengembalian voucher harus disertai dengan bukti berupa kwitansi, business kit dan kartu keanggotaan.


2. Reliance Global Marketing memberikan garansi pengembalian produk khusus kepada member Reliance Global Marketing yang meninggal dunia dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:


a. Member Reliance Global Marketing meninggal dalam jangka waktu tidak lebih dari 7 (tujuh) hari terhitung sejak tanggal member Reliance Global Marketing tersebut mendaftar.


b. Member Reliance Global Marketing tersebut belum melakukan sponsoring dan polis belum terbit.


c. Pihak keluarga member Reliance Global Marketing harus mengembalikan business kit, kartu keanggotaan yang telah dibeli dalam kondisi utuh/keadaan baik (tidak ada yang rusak)


e. Pada saat perusahaan mengembalikan uang pembelian produk maka pihak keluarga harus menampilkan bukti berupa surat keterangan kematian dari RT/RW/Lurah setempat dan photocopy KTP member Reliance Global Marketing yang meninggal.


f. Dikenakan potongan sebesar 10% dari nilai pendaftaran Rp. 600.000 sebagai biaya administrasi Buy Back Guarantee. Semua biaya atau bonus yang timbul akibat dibatalkannya pembelian produk akan dibebankan kepada member Reliance Global Marketing yang bersangkutan.


g. Pengembalian uang tidak dapat diberikan secara cash/tunai tetapi akan ditransfer ke rekening yang bersangkutan dalam waktu 7 hari kerja sejak permohonan Back Guarantee disetujui oleh perusahaan.


h. Apabila permohonan Buy Back Guarantee telah sah disetujui oleh perusahaan, maka secara otomatis member Reliance Global Marketing yang bersangkutan akan kehilangan semua hak hak bisnisnya di Reliance Global Marketing sesuai dengan yang tertulis pada Peraturan dan Kode Etik Reliance Global Marketing serta kehilangan jaminan atau manfaat sesuai dengan yang tertera pada isi polis.


XII. LARANGAN BAGI MEMBER Reliance Global Marketing


1. Member Reliance Global Marketingtidak diperbolehkan menjanjikan dan menjamin adanyan penghasilan tetap dan memberikan penjelasan di luar sistem yang tidak mungkin dicapai.


2. Tidak diperbolehkan menjelekkan sistem produk dari perusahaan lain


3. Tidak diperbolehkan memasarkan produk Reliance Global Marketing di bawah atau di atas harga pasar yang ditetapkan perusahaan.


4. Tidak diperbolehkan membuat, menggunakan dan menggandakan barang cetakan, merek dagang, lambang/logo perusahaan dan nama perusahaan termasuk mengedarkan VCD/DVD tanpa izin tertulis dari perusahaan.


5. Member Reliance Global Marketing tidak dibenarkan merubah dengan cara menambah atau mengurangi persentasi bonus yang telah ditetapkan perusahaan demi keuntungan jaringannya sendiri.


6. Melakukan tindakan penipuan kepada Perusahaan maupun member Reliance Global Marketing lainnya.


7. Memasarkan produk di luar produk Reliance Global Marketing dengan memanfaatkan jaringan pemasaran Perusahaan untuk kepentungan bisnis lain.


8. Member Reliance Global Marketing tidak diperbolehkan untuk merekrut, mempengaruhi, atau menjelaskan bisnis perusahaan Multi Level Marketing (MLM) lain kepada member Reliance Global Marketing yang statusnya masih terdaftar di Reliance Global Marketing.


9. member Reliance Global Marketing dilarang untuk merubah (menambah/mengurangi) atau memberikan penjelasan berdasarkan interprestasi sendiri yang menyimpan mengenai produk dan manfaat yang tercantum di dalam katalog resmi perusahaan. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas akibat yang ditimbulkan dari kesalahan informasi yang diberikan oleh member Reliance Global Marketing kepada upline atau downline atau pihak lain yang terlibat dalam bisnis Reliance Global Marketing.


XIII. SANKSI SANKSI


Sanksi adalah resiko yang harus ditanggung oleh member Reliance Global Marketing apabila terbukti melakukan pelanggaran terhadap Peraturan dna Kode Etik Perusahaan, snaksi yang diberikan adalah berupa:


1. Teguran secara lisan.


2. Peringatan secara tertulis.


3. Larangan menghadiri segala aktivitas perusahaan atau skorsing.


4. Penangguhan pembayaran bonus untuk jangka waktu tertentu/penghentian bnus (dalam masalah ini perusahaan tidak berkewajiban untuk membayar ganti rugi)


5. Pencabutan sebagai keanggotaan Reliance Global Marketing tanpa kompensasi apa pun.


Mekanisme pemberian sanksi ini diberikan perusahaan kepada member Reliance Global Marketing, sehingga member Reliance Global Marketing yang telah dicabut keanggotaanya tidak berhak mendapatkan kompensasi berupa bonus, reward atau program promosi lainnya yang sedang berlangsung terhitung efektif sejak dicabutnya keanggotaan member tersebut.


XIV. PENYELESAIAN PERSELISIHAN


1. Apabalina terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat antar amember Reliance Global Marketing dengan Perusahaan maka akan diselesaikan dengan cara musywarah dan kekeluargaan untuk mencapai mufakat


2. Jika penyelesaian secara musywatah tidak membuahkan hasil, maka perusahaan dan member Reliance Global Marketing sepakat untuk menempuh jalur hukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di tempat/domisili perusahaan berada.


XV. PENUTUP


1. Setiap perubahan atau Pembaharuan dan Kode Etik yang dianggap perlu akan diinformasikan terlebih dahulu kepada member Reliance Global Marketing sebelum perusahaan menjalankan Peraturan dan Kode Etik perusahaan tersebut.


2. Peraturan dan Kode Etik ini hanya berlaku di lingkungan wilayah hukum Indonesia dan berlaku efektif sejak tanggal ditetapkan sampai dengan adanya perubahan baik itu perbaikan atau pembaharuan selanjutnya.


3. Hal hal yang belum tercakup dalam Peraturan dan Kode Etik member Reliance Global Marketing akan diatur dan ditetapkan kemudian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar